6 Keistimewaan Masjidil Aqsa

Al-Aqsa


NGAJIKUY.ID | Pada dasarnya, setiap masjid adalah tempat spesial dalam Islam dan memiliki keistimewaan tersendiri di hati muslimin. Beribadah di dalam masjid lebih utama daripada di tempat lain. Namun, Islam memberi pandangan lebih terhadap tiga masjid khusus, yaitu: Masjidil Haram, Masjid Nabawi, dan Masjidil Aqsa. Secara berurutan, ketiga mesjid itu lebih utama dibandingkan masjid lain yang ada di dunia.

Pada kesempatan kali ini penulis hanya ingin membahas tentang Masjidil Aqsa di Palestina, karena berangkat dari gejolak yang kerap timbul antara Palestina dan Israel, terutama pada klaim hak Masjidil Aqsa hingga mengundang kobaran jihad muslimin mempertahankannya. Menarik jika ditelisik lebih dalam tentang keistimewaan masjid ini, bil khusus bagi umat Islam.

Nah, berikut 6 keistimewaan Masjidil Aqsa

1. Shalat di sana Mendapat Gandaan Pahala

Melakukan ibadah salat di Masjidil Aqsa akan mendapatkan pahala 10.000 dibandingkan salat di masjid lain selain masjdil Haram dan masjid Nabawi. Bagaimana tidak, Rasulullah sendiri telah memberikan maklumat tentang keistimewaannya dalam salah satu hadis riwayat Bukhari-Muslim, bunyinya: “Janganlah bersengaja melakukan perjalanan dengan sengaja (dalam rangka ibadah dan tujuan safarnya adalah tempatnya) kecuali ke tiga masjid: masjidku ini (masjid Nabawi), masjidil Haram dan Masjidil Aqsha.”



2. Merupakan Masjid Tertua Kedua di Dunia

Masjidil Aqsa dalam sejarah pendiriannya adalah masjid tertua kedua yang ada di dunia setelah Masjidil haram. Hal ini diterangkan Rasulullah dalam hadis Abu Dzar, riwayat Bukhari dan Muslim. Abu Dzar RA meriwayatkan bahwa ia bertanya kepada Rasulullah SAW tentang masjid pertama yang dibangun di dunia, Rasul menjawab : ''Masjid Al-Haram.'' Abu Dzar bertanya lagi, ''Selanjutnya masjid apa?'' Beliau menjawab, ''Masjid Al-Aqsa.''



Abu Dzar kembali bertanya, ''Berapa lama jarak pembangunan keduanya?'' Rasulullah Saw menjawab, ''40 tahun.” Lalu Allah menjadikan bumi ini bagi kalian sebagai masjid. Oleh karena itu, kapan pun waktu shalat, lakukanlah shalat di atasnya, karena dia memiliki keutamaan.''



3. Terdapat Bangunan-bangunan Bersejarah di dalamnya

Sebagai salah satu masjid tertua di dunia tentu saja sangat banyak situs dan kejadian bersejarah di Masjidil Aqsa. Misalnya, Menara Babul Asbath, qubbah Al-silsilah, Menara Gerbang Silsilah, Menara Al Magharibah, Qubbah Mi'raj, Qubbah Nahwiyyah, Mimbar Masjid Al Aqsa, Al Shakhra ( Dome of The Rock), dan masih banyak lagi, yang masing-masing dari situs tersebut memiliki sejarah tersendiri yang perlu diabadikan. Di situ juga terdapat sangat banyak makam para sahabat Rasulullah saw. yang semasa hidupnya menetap di sekitar situ.



4. Tujuan Israk Nabi Muhammad saw.

Peristiwa bersejarah israk dan mikraj juga berhubungan erat dengan Masjidil Aqsa. Pada malam peristiwa penerimaan perintah salat itu, Rasulullah melakukan israk dari Makkah ke Masjidil Aqsa, lalu melakukan mikraj dari Masjidil Aqsa ke Sidratul Muntaha. Hal ini dapat kita temukan dalam surah al-Isra langsung pada ayat pertama, Allah Swt. mengisahkan perjalanan hambanya yang mulia untuk berisrak dari masjidil  Haram ke masjidil Aqsa.


سُبْحَٰنَ ٱلَّذِىٓ أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِۦ لَيْلًا مِّنَ ٱلْمَسْجِدِ ٱلْحَرَامِ إِلَى ٱلْمَسْجِدِ ٱلْأَقْصَا ٱلَّذِى بَٰرَكْنَا حَوْلَهُۥ لِنُرِيَهُۥ مِنْ ءَايَٰتِنَآ ۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْبَصِيرُ

Artinya: Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.


5. Kiblat Pertama Shalat

Sebelum peralihan kiblat ke kakbah Masjidil Aqsa adalah kiblat pertama umat muslim dalam melaksanakan shalat. Kemudian, setelah nabi hijrah ke Madinah barulah terjadi peralihan kiblat yang disebabkan berbagai macam konflik. Peralihan kiblat ini diabadikan dalam Alquran pada ayat 144 Surah Al-Baqarah:

قَدْ نَرَىٰ تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِى ٱلسَّمَآءِ ۖ فَلَنُوَلِّيَنَّكَ قِبْلَةً تَرْضَىٰهَا ۚ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ ٱلْمَسْجِدِ ٱلْحَرَامِ ۚ وَحَيْثُ مَا كُنتُمْ فَوَلُّوا۟ وُجُوهَكُمْ شَطْرَهُۥ ۗ وَإِنَّ ٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْكِتَٰبَ لَيَعْلَمُونَ أَنَّهُ ٱلْحَقُّ مِن رَّبِّهِمْ ۗ وَمَا ٱللَّهُ بِغَٰفِلٍ عَمَّا يَعْمَلُونَ

6. Tempat Suci Tiga Umat

Mengingat umurnya yang sudah sangat tua, tentu saja masjid ini melintasi beberapa lintas masa nabi, sehingga ia menjadi tempat yang istimewa bagi umat Islam, Yahudi, dan Nasrani. Konon, masjid ini dibuka pada tahun 705 M bahkan ada yang menyebutkan bahwa Masjid ini pertama kali dibangun 2500 tahun sebelum masehi (SM), bukan waktu yang sebentar untuk melewati berbagai macam peristiwa bersejarah dari ketiga umat ini. Masjidil Aqsa juga terletak di kota Yerusalem yang di situ ketiga umat hidup secara bergandengan.


Demikianlah enam keistimewaan Masjidil Aqsa. Sebenarnya, masjid ini memiliki sangat banyak keistimewaan yang lainnya.


Oleh: Almurtadha




Posting Komentar

0 Komentar